Selasa, 25 November 2014

Mengenal Lebih Dekat Provinsi Jambi






Jambi adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi berasal dari kata Jambe yang dalam bahasa berarti Pinang. Menurut sejarah, nama Jambi kemungkinan besar di ambil saat Tanah Pilih dijadikan tapak pembangunan Kerajaan Jambi, pepohonan pinang banyak tumbuh disepanjang aliran sungai Batanghari sehingga nama tersebut dipilih oleh orang Kayo Hitam untuk menjadi nama daerah ini.Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek "o".
Jambi untuk menjadi sebuah provinsi melalui sebuah proses yang panjang dimana pada akhirnya Jambi disahkan menjadi sebuah provinsi dan menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Peraturan Daerah Pvopinsi Jambi nomor 1 tanggal 7 Juni 1970 yang berisi tentang hari lahir Provinsi Jambi.
Provinsi Jambi secara geografis terletak antara 0,45o lintang utara, 2,45o lintang selatan dan 101,10o-104,55o Bujur Timur. Dimana Provinsi Jambi sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Riau, sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan, sebelah timur berbatasan dengan Selat Berhala, dan sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat Dan Provinsi Bengkulu.Kondisi geografis yang cukup strategis diantara kota-kota lainnya di provinsi sekitarnya membuat peranan dari provinsi ini menjadi cukup penting. Hal ini turut didukung dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah. Kebutuhan industri dan masyarakat kota-kota sekelilingnya didukung dengan distribusi bahan baku dan bahan kebutuhan dari Jambi.
Luas provinsi ini sekitar 53.455 Km2 dengan jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2010 mencapai sekitar 3.088.618 jiwa (Data BPS hasil sensus tahun 2010). Tingkat pertunmbuhan penduduk sebesar 0,96% dengan Pendapatan Daerah Rata-rata Bruto (PDRB) per kapita Rp. 9.523.752
Dari segi ketenagakerjaan, sebagian besar masyarakat Jambi berorientasi kepada pertanian, perkebunan sehingga orientasi pengembangan daerah yang dilakukan Pemerintah daerah (PEMDA) Jambi lebih kepada peningkatan sektor pertanian. Penyerapan tenaga kerja di Provinsi Jambi terbagi di dalam beberapa bagian dimana 46,88% pada sektor pertanian,perkebunan dan perikanan; 21,58% pada sektor perdagangan dan 12,58% pada sektor jasa.
Masyarakat jambi merupakan masyarakat yang memiliki pola heterogen dimana komposisi masyarakat bersifat multikultur atau dapat dikatakan campuran yang selain dari masyarakat asli Jambi juga terdapat masyarakat pendatang seperti : Minangkabau, Batak, Jawa, Sunda, Cina, Arab, dan lain sebagainya.
Keadaan alam di Jambi memiliki kondisi suhu udara berkisar antara 23o sampai dengan 31oC. Luas provinsi jambi dengan bentangan alam yang ada menjadikan 60% daerah Jambi sebagai hutan produksi, perkebunan dan kehutanan yang menjadikan salah satu provinsi penghasil produksi di Pulau Sumatera.Kelapa sawit dan Karet menjadi salah satu tanaman hasil utama dari Provinsi Jambi dengan luas areal perkebunan di Jambi mencapai 400.168 hektar (Kelapa sawit) dan 595.473 hektar (karet).
Potensi kekayaan alam Jambi meliputi minyak bumi, batu bara, timah putih dan gas bumi. Dimana jumlah potensi minyak bumi mencapai 1.270,96 Juta m3 dan gas 3.572,44 milyar m3.

Sumber :  id.wikipedia.org/wiki/Jambi

1 komentar:

  1. Play Free Slots and Casino Games | Dr.MD
    Free 안동 출장샵 Online Slots - Enjoy the Best Games for Free! We show you which online 천안 출장마사지 slots you should 부산광역 출장안마 try and play 의정부 출장안마 for real money. Slots: 50+ Online 광양 출장마사지 Games: 35+

    BalasHapus