Rabu, 26 November 2014

Objek Wisata Daerah Jambi




Negeri  Jambi ,, provinsi ini memiliki banyak potensi  yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan hanya saja belum terekspos sepenuhnya....Berikut ini adalah Beberapa tempat wisata yang ada di provinsi jambi yang bisa saya rekomendasikan untuk kalian...

Kompleks Candi Muaro Jambi

Situs purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian Hindu-Buddha yang terluas di Indonesia. Situs ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dari abad ke-11, dan termasuk sebagai salah satu candi kuno terluas di kawasan Asia Tenggara. BerLokasi di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Tepatnya di tepi Sungai Batang Hari.Dari kota Jambi, situs ini dapat dijangkau melalui jalan darat sekitar 30 menit ke arah timur menuju Pelabuhan Talang Duku, kemudian dilanjutkan dengan menyeberangi Sungai Batanghari ke Desa Muaro Jambi.Luas kompleks percandian ini mencapai 2.612 hektar. Sebagai sebuah mahakarya, kebesaran situs ini terlihat dari arsitektur dan sisa-sisa bangunan yang ada.

Kawasan Tanggo Rajo

Kawasan Tanggo Rajo adalah icon Kota Jambi yang berada di tepian Sungai Batanghari. Wisatawan dapat berkongkow ria melihat pemandangan sunset Sungai Batanghari sambil menikmati jajan sore khas Kota Jambi. Selain itu di seberang Kawasan Tanggo Rajo, terdapat sentra Batik Jambi.  Uniknya wilayah sentra Batik ini dipenuhi oleh rumah-rumah penggung tempo dulu khas Kota Jambi.

Taman Bumi Merangin (Geopark)

Geopark ini berlokasi di Kabupaten Merangin, sekitar 4-5 jam dari pusat Kota Jambi Dikawasan ini ditemukan bebatuan yang merupakan fosil-fosil binatang-binatang laut purba.Batuan ini membuktikan bahwa kawasan ini dulu adalah laut, dan terangkat akibat peristiwa geologi dan vulkanologi  jutaan tahun yang lalu. Di Kabupaten Merangin juga terdapat obyek wisata arung jeram,  jalur Arung Jeram Batang Merangin mempunyai panjang sekitar 9 Kilometer dengan spesifikasi grade 3

Taman Nasional Kerinci Seblat

Merupakan taman nasional terbesar di Sumatera dengan luas wilayah sebesar 13.750 km. Saking luasnya, ia membentan dari Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.Selain membentang di empat provinsi, kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan, Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, serta beberapa mata air panas ,sungai, dan air terjun.
Danau Kerinci

Danau Kerinci terletak 16 Km di selatan Kota Sungai Penuh. Danau seluas 1.400 hektar ini berada di ketinggian 650 mdpl. Unik, sebab ia dikelilingi sawah yang membentang luas. Jika hari sedang cerah Gunung Raya dapat terlihat jelas di sisi timur, sementara di sebelah barat, Gunung Kerinci tampak dari kejauhan.

Pulau Berhala

Pulau Berhala terletak di bagian utara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Berhala dapat dicapai sekitar 4 jam dari Kota Jambi menggunakan jalan darat dan speedboat besar. Pulau.  Di pulau seluas 10 km per segi ini terdapat terumbu karang dan pantai yang bersih dan jernih serta tebing- tebing batu. Terdapat Makam Datuk Paduko Berhalo, seorang pengembara Islam keturunan Turki dan sebuah mercu suar berdiri kokoh di salah satu sudut pulau ini.

Air Terjun Telun Berasap

Telun Berasap adalah air terjun alam yang tercurah dari sungai dengan ketinggian lebih dari 50 meter. Air terjun ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi ini berada sekitar 500 kilometer barat Kota Jambi atau 200 kilometer tenggara Padang, Sumatera Barat.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Taman Nasional Bukit TigapuluhTaman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan hutan hujan tropis dataran rendah yang mempunyai nilai konservasi luar biasa dan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi  Sebagai daerah pesisir pantai, Tanjung Jabung Barat memiliki potensi wisata bahari dengan keindahan laut dan pesisir pantai yang ditumbuhi pohon-pohon bakau yang tumbuh alami maupun reboisasi yang terpelihara untuk menjaga abrasi pantai. Di kawasan bukit tigapuluh ini juga merupakan tempat suku anak dalamSuku Anak Dalam telah menjadi daya tarik wisata minat khusus, terutama untuk wisatawan mancanegara. Mereka menikmati penjelajahann keaslian hutan rimba Taman Nasional Bukit Dua Belas dan hidup bersama dengan Suku Anak Dalam dalam kesederhanaan Dalam kawasan penyangga TNBT juga terdapat potensi objek wisata lainnya  seperti air terjun Bulian Berdarah, air terjun Pancuran Gading,  goa dan panorama Batang Sumay,  makam keramat, habitat ikan kleso (arwana) di sungai Mangatai dan batu menangis.

Wisata alam air terjun Bukit Pinang Bawah

Wisata alam air terjun Bukit Pinang Bawah berada di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Tungkal Ulu sekitar 5 km dari Jalan Lintas Timur Jambi-Pekanbaru. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki atau menggunakan perahu sampan menelusuri aliran Sungai Tantang dari Desa Suban.

Taman tungkal Ancol Beach          

Taman tungkal Ancol Beach yang dikembangkan ditepian pantai Sungai Pengabuan berada di Kota Kuala Tungkal kecamatan Tungkal Ilir. Semenjak dibuka untuk umum, sepanjang tahun, sepanjang tahun selalui ramai dikunjungi wisatawan karena ditempat ini selau digelar bermacam event wisata seperti pagelaran wisata budaya dan penyambutan tamu kehormatan.

Pasir Putih Tungkal Babu dan hutan mangrove

Pasir Putih Tungkal Babu dan hutan mangrove merupakan pantai pasir putih di tungkal yang begitu indah, dengan panorama yamg eksotis karena berhadapan langsung dengan Laut China Selatan. Jarak tempuh dari pusat kota ke lokasi ini lebih kurang 40 menit dengan menggunakan perahu motor. Kawasan hutan magrove yang berfungsi menjaga abrasi pantai juga memperindah pemandangan.

Makam Sultan Thaha

Berada di Muara Tebo, 200km dari kota Jambi. Sultan Thaha Saifuddin adalah sultan terakhir keturunan Jambi (generasi ke-17 dari Putri Pinang  Masak), dengan gelar Pangeran Ratu Jayaningrat yang gugur pada tahun 1904 dan dinyatakan sebagai pahlawan Nasional.

Kebun Raya Bukit Sari

Areal hutan Bukit Sari ± 136 km dari Jambi di pinggir jalan raya Jambi-Muaro Bungo-Muaro Tebo. Tanahnya bergelombang, berbukit-bukit terjal, diikuti dengan lembah yang cukup dalam. Kebun Raya Bukit Sari merupakan hutan sekunder dengan vegetasi yang masih baik. Jenis pohon didominasi oleh pohon Plajau, Tenggeris. Meranti, Jelutung, Kedondong, Kenari dan Terap. Diluar kawasan ini pengunjung bisa menikmati sumber air panas dan air terjun Bukit Karendo dengan ketinggian 8 meter.

Danau Sigombak

Danau Sigombak terletak di Desa Jambu, Kecamatan Tebo Ulu, 30 km dari Muaratebo dan 250 km dari Kota Jambi. Dari Bungo, Danau Sigombak juga hanya 40 km dari dan 80 km dari Kabupaten Darmasraya, Sumatera Barat, atau sekitar 300 km dari Kota Padang. Danau Sigombak juga hanya berjarak sekitar 100 km dari perbatasan Tebo-Riau. Danau berair bening itu merupakan salah satu objek wisata alam yang kerap
menjadi pilihan untuk berlibur atau sekadar melepas kepenatan.

Bukit Khayangan Dan Bukit Semancik

Taman Bukit Khayangan dan Bukit Semancik merupakan tempat memandang panorama alam, dimana kita dapat memandang dari ketinggian dengan melihat Kota Sungai Penuh, Danau Kerinci, Gunung Kerinci, hamparan sawah yang membentang dan desa-desa tempat tinggal penduduk tertata di sepanjang pinggiran bukit hijau. Di Taman Bukit Khayangan kita dapat pula mendengar suara -suara siamang dan kicauan burung yang saling bersahutan pada pagi hari dan sore hari.

Bukit Sentiong

Objek wisata Bukit Sentiong adalah merupakan tempat memandang dari ketinggian Kota Sungai Penuh diwaktu sore dan malam hari dimana dapat terlihat seluruh Kota Sungai Penuh dan hamparan sawah yang terbentang luas. Bukit Sentiong terletak di Pusat Kota Sungai Penuh dan mempunyai areal yang cukup luas digunakan sebagai tempat bersantai, pada sore dan malam hari di kaki Bukit Sentiong telah ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan lokal.

Batu Bersurat Prasasti Karang Birahi

Berlokasi  di Kecamatan Pemenang, Desa Karang Birahi atau sekitar 25 km dari Kota Sarolangun.Merupakan Prasasti bersejarah berkaitan dengan Kerajaan Melayu Jambi dan Sriwijaya.

Sungai Batang Asai 

Berlokasi di Kecamatan Batang Asai, 110 km dari Kota Sarolangun. Objek wisata ini merupakan kawasan wisata petualangan arung jeram.

Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) 

Berlokasi di Kecamatan Pauh, 40 km dari Kota Sarolangun, menempati areal seluas ± 60.500 ha. Objek wisata ini merupakan salah satu dari empat ( 4 ) Taman Nasional di Provinsi JambiKawasan ini ditetapkan sebagai cagar biosfer dan merupakan kawasan pengembaraan Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba yang hidup berpindah-pindah didalam hutan rimba, dengan populasi sekitar 900 - 1.000 jiwa.

Taman Nasional Berbak
 
terletak di pesisir pantai timur Jambi tepatnya di Kecamatan Nipah Panjang, Rantau Rasau & Sadu, 60 km dari Kota Jambidengan menelusuri Sungai Batanghari ke arah muara selama ± 3 jam. merupakan kawasan konservasi lahan basah terluas di Asia Tenggara.
Danau Kaco

Berlokasi di Kecamatan Batang Asai, Desa Sungai Karadak, 92 km dari Kota Sarolangun. Objek wisata ini merupakan kawasan wisata tirta dengan panorama yang asri.Untuk mencapai danau ini perjalanan harus dilakukan dengan menggunakan perahu tempek (motor tempel) menelusuri sungai batang asai selama 2,5 jam, kemudian diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 3 jam. Kurang lebih 1 km sebelum sampai dipinggir danau, akan terlihat pemandangan hamparan batu kaca yang mengeluarkan cahaya gemerlap terkena cahaya matahari.

Danau Biaro
Berlokasi di Desa Lindung, 5 km dari Kota Sarolangun dengan luas kurang lebih 3 ha dengan kedalaman 0,5 - 5 meter.Kawasan yang masih terlihat asri dan berhawa sejuk dengan hutan lebat disekitarnya, selain keindahannya danau ini juga merupakan kawasan pemancingan.

Air Terjun Simpang Narso dan Air Terjun Seluro
Berlokasi di Kecamatan Batang Asai, 92 km dari Kota Sarolangun. Persisnya Air Terjun Simpang Narso terletak di Desa Simpang Narso sedangkan Air Terjun Seluro terletak di Desa Raden Anom.Sebenarnya terdapat beberapa air terjun di kawasan ini, namun dua air terjun ini termasuk yang cukup tinggi. Air Terjun Simpang Narso memiliki ketinggian 45 meter, sedangkan Air Terjun Seluro memiliki ketinggian 25 meter. Kedua air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang masih lebat. 

Panorama Alam Bukit Rayo dan  Bukit Paradun Sulah
Berlokasi di Kecamatan Batang Asai, Desa Tambak Ratu. 92 km dari Kota Sarolangun. Objek wisata ini merupakan kawasan perbukitan dengan pemandangan panorama alam yang asri.
Dari ketinggian kurang lebih 500 meter diatas permukaan laut, dapat dilihat hamparan panorama indah desa dan sawah - sawah dibawahnya serta lembah Sungai Batang Asai dengan batu - batu besarnya, dilatarbelakangi gugusan Pegunungan Bukit Barisan disebelah barat dan selatan. 

Sumber : 
tourismjambi.com

informasijambi.blogspot.com
www.wahana-budaya-indonesia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar